Teks Misa Minggu Adven I – 3 Desember 2023

Bacaan I

Yesaya 63:16b-17;64:1;3b-8

Ya Tuhan, Engkau sendirilah Bapa kami. Sejak dahulu kalan nama-Mu ialah “Penebus kami,” Ya Tuhan, mengapa Engkau biarkan kami sesat dari jalan-Mu? Mengapa Engkau tegarkan hati kami sehingga kami tidak takut kepada-Mu? Kembalilah oleh karena hamba-hamba-Mu dan oleh karena suku-suku milik pusaka-Mu. Sudilah Engkau mengoyakkan langit dan turun sehingga gunung-gunung goyah di hadapan-Mu. Karena sejak dahulu kala orang tidak pernah mendengar, tidak ada telinga yang mendengar, dan juga tidak ada mata yang melihat Allah yang bertindak bagi orang yang menanti-nantikan Dia. Hanya Engkau yang berbuat demikian. Engkau menyongsong mereka yang melakukan kebenaran, dan yang mengindahkan jalan yang Kautunjukkan! Sesungguh- nya, Engkau ini murka sebab kami berdosa. Terhadap Engkau, kami memberontak sejak dahulu kala. Demikianlah kami semua seperti orang najis, dan segala kesalehan kami seperti kain kotor. Kami semua menjadi layu seperti daun, dan kami lenyap oleh kejahatan kami seperti daun dilenyapkan oleh angin. Tidak ada yang memanggil nama- Mu atau bangkit untuk berpegang pada-Mu sebab Engkau menyembunyikan wajah-Mu terhadap kami. Engkau menyerahkan kami ke dalam kekuasaan dosa kami. Tetapi sekarang, ya Tuhan, Engkaulah Bapa kami! Kami ini tanah liat, dan Engkaulah yang membentuk kami, dan kami semua ialah buatan tangan-Mu

Demikianlah Sabda Tuhan 

Mazmur Tanggapan

Ya Allah pulihkanlah kami, buatlah wajahMu bersinar, selamatlah kami

Bacaan II

1 Korintus 1:3-9

Saudara-saudara, kasih karunia dan damai sejahtera dari Allah, Bapa kita, dan dari Tuhan Yesus Kristus menyertai kamu. Aku, Paulus, senantiasa mengucap syukur kepada Allahku karena kamu, atas kasih karunia Allah yang dianugerahkan-Nya kepada kamu dalam Kristus Yesus. Sebab di dalam Kristus, kamu telah menjadi kaya dalam segala hal, yaitu dalam segala macam perkataan dan pengetahuan, sesuai dengan kesaksian tentang Kristus yang telah diteguhkan diantara kamu sehingga kamu tidak kekurangan suatu karunia pun sementara kamu menantikan penampakan Tuhan kita Yesus Kristus. Dia juga akan meneguhkan kamu sampai kesudahannya sehingga kamu tak bercacat pada hari Tuhan kita Yesus Kristus. Sebab setialah Allah yang telah memanggil kamu kepada persekutuan dengan Anak-Nya Yesus Kristus, Tuhan kita.

Demikianlah Sabda Tuhan

Bait Pengantar Injil

Alleluya,Alleluya,Alleluya

Bacaan Injil

Markus 13:33-37

Sekali peristiwa Yesus bersabda kepada murid-murid-Nya, “Hati-hatilah dan berjaga jagalah! Sebab kamu tidak tahu kapan saatnya tiba. Keadaannya sama seperti seorang yang bepergian, yang meninggalkan rumahnya dan menyerahkan tanggung jawab kepada hamba-hambanya, masing-masing dengan tugasnya, dan memerintahkan penjaga pintu supaya berjaga-jaga. Karena itu berjaga-jagalah, sebab kamu tidak tahu kapan tuan rumah itu pulang, menjelang malam atau tengah malam, atau larut malam, atau pagi-pagi buta, supaya kalau ia tiba-tiba datang, jangan kamu didapatinya sedang tidur. Apa yang Aku katakan kepada kamu, Aku katakan kepada semua orang: Berjaga jagalah!”

Demikianlah Sabda Tuhan.

Doa Umat

Tuhan Yesus Kristus bersabda, “Hati-hatilah dan berjaga-jagalah! Sebab kamu tidak tahu bilamana waktunya tiba.” Marilah kita berjaga-jaga dengan tekun dalam menantikan kedatangan Kerajaan-Nya dan memanjatkan doa.¬†

Bagi Gereja Kudus. Semoga Allah Bapa Yang Mahabaik menuntun Gereja-Nya agar tetap rendah hati dalam mendengarkan Sabda-Nya dan melaksanakannya dengan gembira meski mengalami banyak hambatan dan kegagalan. Marilah kita mohon.

Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Bagi Bapa Suci, para Uskup dan para Imam. Semoga Bapa memberkati Bapa Suci, para Uskup, dan para Imam sehingga mereka dengan berani dan jujur melaksanakan tugas pembaruan dan pendamaian bagi dunia zaman ini. Marilah kita mohon.

Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Bagi para pemimpin masyarakat. Semoga Allah Bapa Yang Mahabaik mendampingi para pemimpin kami dalam membimbing dan melayani masyarakat. Semoga mereka selalu mendahulukan kepentingan umum berlandaskan Sabda-Mu. Marilah kita mohon.

Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Bagi para orang tua. Semoga Allah Bapa Yang Mahabaik meneguhkan para orang tua dengan iman yang mantap sehingga mereka dapat mendidik anak-anak sesuai dengan kehendak-Mu dalam suasana pengertian dan cinta kasih. Marilah kita mohon.

Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Bagi mereka yang hari ini tidak dapat hadir di sini. Semoga Allah Bapa Yang Mahabaik memberkati dan melindungi saudara-saudara kami yang hari ini tidak dapat hadir agar mereka mampu mengatasi segala persoalan yang sedang dihadapi dengan selalu berpegang pada Sabda-Mu. Marilah kita mohon.

Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Allah Bapa Yang Mahakuasa, sepanjang zaman Engkau setia akan Sabda-Mu. Engkaulah Tuhan kami, Allah beserta kami, dan kami ini umat-Mu. Itulah iman dan harapan kami bila kami berdoa kepada-Mu dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami.

Amin.