Teks Misa Minggu Adven II – 10 Desember 2023

Bacaan I

Yesaya 40:1-5;9-11

Beginilah firman Tuhan, “Hiburlah, hiburlah umat-Ku! Tenangkanlah hati Yerusalem dan serukanlah kepadanya bahwa perhambaannya sudah berakhir, bahwa kesalahan-kesalahannya telah diampuni, sebab ia telah menerima hukuman dari tangan Tuhan dua kali lipat karena segala dosanya. Ada suara berseru-seru, “Siapkanlah di padang gurun jalan bagi Tuhan, luruskanlah di padang belantara jalan raya bagi Allah kita! Setiap lembah harus ditimbuni, setiap gunung dan bukit diratakan. Tanah yang berbukit-bukit harus menjadi rata, dan yang berlekak-lekuk menjadi datar. Maka kemuliaan Tuhan akan dinyatakan dan seluruh umat manusia akan melihatnya bersama-sama. Sungguh, Tuhan sendiri telah mengatakannya. Hai Sion, pembawa kabar baik, naiklah ke gunung yang tinggi! Hai Yerusalem, pembawa kabar baik, nyaringkanlah suaramu kuat-kuat, nyaringkanlah suaramu, jangan takut! Katakanlah kepada kota-kota Yehuda, “Lihat, itu Allahmu!’ Lihat, itu Tuhan Allah! la datang dengan kekuatan, dan dengan tangan-Nya la berkuasa. Lihat, mereka yang menjadi upah jerih payah-Nya, ada bersama-sama Dia, dan mereka yang diperoleh- Nya, berjalan di hadapan-Nya. Seperti seorang gembala, la menggembalakan kawanan-Nya, la menghimpun domba-domba-Nya dengan tangan-Nya. Anak-anak domba dipangku-Nya, dan induk-induk domba dituntun-Nya dengan hati-hati.” 

Demikianlah Sabda Tuhan.

Mazmur Tanggapan

Perlihatkanlah kepada kami kasih setiaMu ya Tuhan, dan berilah kami keselamatan yang dari padaMu

Bacaan II

2 Petrus 3:8-14

Saudara-saudara terkasih, hal yang satu ini tidak boleh kamu lupakan, yaitu bahwa di hadapan Tuhan satu hari sama seperti seribu tahun, dan seribu tahun sama seperti satu hari. Tuhan tidak lalai menepati janji-Nya, sekalipun ada orang yang meng- anggapnya demikian. Tetapi Tuhan sabar terhadap kamu, karena la menghendaki supaya jangan ada yang binasa, melainkan supaya semua orang berbalik dan bertobat. Tetapi hari Tuhan akan tiba seperti pencuri. Pada hari itu langit akan lenyap dengan gemuruh yang dahsyat, dan unsur-unsur dunia akan hangus dalam nyala api; bumi dan segala yang ada di atasnya akan hilang lenyap. Jadi, jika segala sesuatu ini akan hancur secara demikian, betapa suci dan salehnya kamu harus hidup.Kamu menantikan dan berusaha mempercepat kedatangan hari Allah. Pada hari itu langit akan binasa oleh api dan unsur-unsur dunia akan lebur oleh nyalanya. Tetapi sesuai dengan janji Allah, kita menantikan langit dan bumi yang baru, dimana terdapat kebenaran. Sebab itu, saudara-saudaraku terkasih, supaya menantikan semuanya itu haruslah kamu berusaha supaya kedapatan tak bercacat dan tak bernoda di hadapan Allah, dan dalam perdamaian dengan Dia. Demikianlah Sabda Tuhan.

Bait Pengantar Injil

Alleluya,Alleluya,Alleluya,Alleluya

Bacaan Injil

Markus 1:1-8

Inilah permulaan Injil tentang Yesus Kristus, Putra Allah. Seperti ada tertulis dalam kitab Nabi Yesaya: “Lihatlah, Aku menyuruh utusan-Ku mendahului Engkau, ia akan mempersiapkan jalan bagi-Mu. Ada suara orang yang berseru-seru di padang gurun: ‘Persiapkanlah jalan untuk Tuhan, luruskanlah jalan bagi-Nya.” Demikianlah Yohanes Pembaptis tampil di padang gurun dan memberitakan baptisan tobat untuk pengampunan dosa. Lalu berdatanganlah kepada Yohanes orang-orang dari seluruh daerah Yudea dan semua penduduk Yerusalem. Sambil mengaku dosanya mereka dibaptis olehnya di Sungai Yordan. Yohanes memakai jubah bulu unta dan ikat pinggang kulit, makanannya belalang dan madu hutan. Inilah yang diberitakannya, “Sesudah aku, akan datang Dia yang lebih berkuasa daripada aku. Membungkuk dan membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak. Aku membaptis kamu dengan air, tetapi Dia akan membaptis kamu dengan Roh Kudus.” Demikianlah Sabda Tuhan.

Doa Umat

Santo Yohanes Pembaptis diutus Allah Bapa untuk mempersiapkan jalan bagi datangnya Sang Juru Selamat dengan mengajak segenap umat bertobat dan memberi diri dibaptis. Marilah kita membuka diri akan panggilan keselamatan- Nya dan berdoa.

Bagi Bapa Suci, para Uskup dan para Imam. Semoga Bapa Suci, para Uskup para Imam selalu dipenuhi dengan iman, harapan, dan kasih akan Kristus, Putra-Nya, agar mereka selalu menjadi saksi Injil-Nya yang mengundang kami untuk selalu tinggal di dalam Kerajaan keselamatan-Nya. Marilah kita mohon

Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Bagi para pemimpin dan pengabdi masyarakat. Semoga para pemimpin dan pengabdi masyarakat selalu berada dalam pendampingan dan penyertaan-Nya, dan semoga Putra-Nya, Yesus Kristus, menjadi sumber dan tujuan yang akan menerangi setiap kebijakan serta pengabdian mereka bagi masyarakat. Marilah kita mohon

Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Bagi para penderita sakit dan cacat di sekitar kita. Semoga semangat bela rasa dan cinta kasih kita terhadap para penderita sakit dan cacat di sekitar lingkungan hidup semakin berkobar sehingga bersama dengan mereka, kita kelak beroleh keselamatan abadi bersama-Mu di surga. Marilah kita mohon. 

Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Bagi kita yang hadir di sini. Semoga penantian penuh harapan akan kedatangan putra-Nya, Yesus Kristus, di Masa Adven ini membangkitkan semangat meng-gereja kita. Marilah kita mohon. 

Kabulkanlah doa kami, ya Tuhan.

Bapa Yang Mahabaik, Engkau senantiasa mengundang kami untuk selalu tinggal bersama-Mu. Bukalah mata hati kami agar hidup kami semakin terarah kepada- Mu, sebagaimana Yesus Kristus, Putra-Mu dan Pengantara kami.

Amin